SELAMAT HARI RAYA IDUL FITRI 1438 H MINAL 'AIDIN WAL FAIZIN MOHON MAAF LAHIR DAN BATHIN

Cara Membuat Nasi Lemak Enak Dan Gurih Khas Medan

Cara membuat nasi lemak enak dan gurih khas Medan. Nasi lemak adalah nasi uduk khas melayu. Nasi Lemak dimasak dengan menggunakan santan kelapa untuk menambah rasa lemaknya yang lezat. Kadangkala daun pandan dimasukkan untuk menambahkan aromanya. 

Dari segi rasa sebenarnya hampir sama dengan nasi uduk namun nasi lemak lebih sedikit ber rempah karena ada daun salam dan daun serai dan kayu manis sebagai tambahan rempahnya. 


Nasi lemak biasa dihidangkan untuk sarapan pagi, sedangkan nasi uduk biasanya untuk kuliner malam hari. Nasi lemak di pengaruhi oleh budaya melayu yang kental dengan diselingi lauk seperti telur mata sapi, telur rendang dan potongan timun. Nasi uduk dipengaruhi oleh budaya Betawi dan Jawa pada umumnya dan saat ini sebagai pelengkap kuliner modern lainnya seperti ayam penyet, lele, seafood dan lain lain.

Pada awalnya nasi lemak sesuatu makanan dibungkus dengan daun pisang dalam bentuk segitiga dan merupakan makanan Melayu kegemaran bagi orang Malaysia, Indonesia dan Singapura Nasi Lemak dapat ditemui di semua bagian Negara Malaysia dan juga Singapura. Di Indonesia, Nasi Lemak lazim ditemukan di pesisir timur Sumatera, terutama di Riau, Jambi dan Sumatera Utara. 

Karena nasi lemak begitu enak dan terkenal, banyak daerah yang mempunyai nama sendiri sendiri, walaupun sebenarnya rasanya hampir sama. Nasi Lemak lazimnya terkenal dan disebut demikian di Semenanjung Melayu dan pantai timur Sumatera. Sementara di Jakarta, hidangan yang mirip Nasi Lemak dikenali dengan nama nasi uduk, sedangkan di Jawa Tengah dengan nama sego uduk. Manakala di Aceh, hidangan yang mirip Nasi Lemak disebut nasi gurih. Pada masa sekarang, Nasi Lemak telah disesuaikan dengan dihidangkan berbagai jenis lauk pauk dan diterima umum untuk menjadikannya sebagai penghasilan.


Selain itu, di negeri asalnya nasi lemak biasanya dihidangkan dengan telur, timun, ikan bilis goreng , kacang goreng dan sambal. Tetapi sekarang ini, nasi lemak dihidangkan dengan berbagai lauk yang termasuk tetapi tidak dengan daging, ayam, sotong, udang, limpa, dan hati (lembu).

Pada masa kini, nasi lemak bukan saja dinikmati pada waktu pagi dan minum petang. Malahan, ramai orang juga suka menikmati nasi lemak pada waktu malam atau sebagai jamuan. Oleh sebab itu, nasi lemak merupakan satu sajian makanan yang ringkas lalu dijadikan makanan pilihan warga kota yang selalu sibuk. Harga yang murah juga mendorong makanan terkenal ini semakin mudah didapat di mana-mana. Harganya yang murah dan rasanya yang enak membuat makanan ini selalu dicari dan disukai siapa saja.

Berikut Cara Membuat Nasi Lemak Enak Dan Gurih khas Medan :
 

Bahan Bahan :

  • Beras 1 kg
  • Kelapa 1 buah diparut dan diambil santannya
  • 1 batang daun serai
  • 5 helai daun salam 


Cara membuat :

1) Cuci beras beberapa kali. Masukkan santan, air, daun salam dan daun serai yang disimpul. Beberapa deaerah menggunakan jahe dan daun pandan.

2) Masak dalam periuk yang bertutup di atas api kecil sampai setengah masak atau kurang lebih 20 menit

3) Pindahkan ke dandang dan diamkan sampai tanak.

4) Angkat dan sisihkan
Cara Membuat Nasi Lemak Enak Dan Gurih Khas Medan

Cara menghidangkannya adalah dengan menambahkan sambal teri kacang dan potongan tomat atau timun. Ada juga yang ditambahkan sambal terasi atau belacan.


Demikian cara membuat nasi lemak enak dan gurih khas Medan


Cara Membuat Nasi lemak Enak dan Gurih Khas Medan
4/ 5
Oleh

Sign up here with your email address to receive updates from this blog in your inbox.

0 Response to "Cara Membuat Nasi Lemak Enak Dan Gurih Khas Medan"

Posting Komentar

Disclaimer : Silahkan berkomentar dibawah dengan bijak. Komentar dengan meletakkan link aktif atau keyword p*rn* akan dihapus