Cara Memperbaiki Timbangan Digital Yang Error

Cara Memperbaiki Timbangan Digital Yang Error. Timbangan digital adalah alat ukur menggunakan piranti elektronik. Timbangan digital berbeda dengan timbangan manual. Timbangan digital berfungsi berdasarkan kinerja sel muatan beban elektronik kemudian di transfer dalam bentuk angka digital. Banyak sekali jenis, model dan bentuk timbangan digital mulai dari ukuran miligram sampai ribuan ton. bentuk bobot kalibrasi, bantalan timbangan dan nampannya pun beragam. Tinggal memilih untuk kegunaannya. Mulai dari yang paling murah sampa yang paling mahal. Prinsip kerja timbangan digital membutuhkan daya atau baterei. sehingga tanpa daya timbangan digital tidak berfungsi.

Timbangan digital mempunyai kelebihan dan kekurangan, namun  secara keseluruhan, menggunakan timbangan digital akan lebih efektif daripada timbangan manual atau analog. Beberapa kelebihan timbangan digital diantaranya :


Timbangan digital mempunyai tingkat akurasi pengukuran yang lebih detil, bahkan bobot dengan angka miligram pun bisa dilakukan dengan timbangan digital. sama dengan timbangan manual, timbangan digitalpun bisa difungsikan untuk menimbang sagala sesuatu dalam rumah tangga atau untuk berjualan . Kebanyakan timbangan digital dilengkapi dengan anti air sehingga dalam aktifitas meninmbang barang basah tidak masuk air, baik timbangan duduk atau timbangan gantung.

Banyak hal yang mampu dilakukan dengan jenis timbangan digital seperti timbangan digital kamar mandi, timbangan digital dapur atau makanan (untuk mengukur bobot makanan yang akan dikonsumsi) , untuk keperluan diet, timbangan digital pos, timbangan digital point of skala, timbangan digital saku atau timbangan digital laboratorium dan timbangan digital baran yang mampu mengukur kalori dan informasi nutrisi lainnya.

Walaupun punya kelebihan, timbangan digital juga punya kelemahan yang fatal. Selain harus menggunakan daya baterei dalam mengoperasikannya, timbangan digital mempunyai tingkat kerusakan yang tinggi. Anda harus pandai pandai mengukur skala kelebihan beban timbangan . Jika daya maksimal timbangan hanya 2 kg, anda akan meninimbang dengan berat 3 kg menggunakan timbangan digital, maka kelebihan beban itu yang beresiko kerusakan timbangan digital.


Memperbaiki timbangan digital yang error bisa diawali dengan ceking rutin kalibrasi timbangan. Caranya adalah dengan membuat sampel beban . Saya  menggunakan batu atau potongan besi yang tidak mudah untuk berubah beban beratnya walaupun disimpan lama. dengan ukuran tertentu. Timbanglah potongan besi tersebut dan tulislah berapa bobotnya di besi tersebut. simpan dan gunakan setiap bulan untuk mengukur timbangan, jika timbangan digunakan setiap hari, jika mengalami perubahan, maka saatnya timbangan digital anda sudah siap dikerbaiki.

Cara Memperbaiki Timbangan Digital Yang Error

Berikut ini adalah tips memperbaiki timbangan digital yang error, yang bisa anda lakukan sendiri :


Bersihkan timbangan, bila perlu bagian dalam yang tidak bersegel juga bisa dibersihkan.
Cek dan ganti baterenya dengan yang baru.
Jika masih saja tidak berfungsi, identifikasi kerusakan apakah tidak akurat, displaynya mati atau kontak kontak maka bawalaah ke tempat service timbangan yang berkualified.
Biasanya setiap brand timbangan digital punya penyalur dan layanan servicenya.


Sign up here with your email address to receive updates from this blog in your inbox.

1 Response to "Cara Memperbaiki Timbangan Digital Yang Error"

Disclaimer : Silahkan berkomentar dibawah dengan bijak. Komentar dengan meletakkan link aktif atau keyword p*rn* akan dihapus