Kuku merupakan gambaran seseorang apakah selalu menjaga kebersihan diri atau tidak. Kuku yang bersih dan terlihat cantik berarti bagian tubuh yang lainpun menjadi bersih. Sebaliknya jika kuku kotor dan terselip banyak kotoran didalamnya berarti seseorang kurang memperhatikan kebersihan badannya. Sehingga kebersihan dan kesehatan kuku  mencerminkan kesehatan seluruh badannya.Selain itu, kuku yang cantik dan sehat juga dapat menambah kepercayaan diri.

Mengapa demikian ? Ingat, semua kegiatan sehari hari menggunakan tangan seperti memasak, menyapu, mencuci piring, mencuci pakaian, kegiatan diluar rumah. Dan kuku tangan merupakan bagian yang rentan bersarang kotoran dan penyakit saat melakukan berbagai aktifitas diatas. Nah, pada artikel kali ini Riaisy akan berbagi  treatment yang benar terhadap dalam merawat kuku berikut adalah caranya :
Tips Merawat Kuku Dengan 5 Cara Ini Agar Terlihat Cantik, Bersih, Berkilau dan Kuat

1. Jangan sering melakukan perawatan kuku di salon

Sering kita memilih salon sebagai tempat untuk merawat kuku agar terlihat cantik. Selain praktis, hasilnya pun tampak lebih bagus daripada perawatan yang dilakukan di rumah. Tapi, ternyata sering merawat kuku di salon memberikan efek kurang baik untuk kesehatan kuku.
Karena kuku sering terpapar bahan bahan kimia yang keras saat di salon, bisa mengakibatkan kuku menjadi rapuh. . Lagi pula, rentan terhadap infeksi kuku kronis atau bagian sekitar kuku seharusnya rata namun malah menjadi bengkak. Lakukan perawatan kuku di rumah sendiri. Namun, jika  tetap ingin memilih perawatan salon, bawa peralatan perawatan kuku Anda sendiri.

2. Lakukan perawatan kuku sendiri dengan cara sederhana

Mulailah dengan menggunting ketika kuku sudah panjang. Menggunting kuku secara rutin bisa membuat kesehatan kuku terjaga serta terlihat bersih dan cantik. Setelah itu, haluskan bagian ujung kuku dengan kikir. Biasanya penjepit kuku sudah dilengkapi dengan kikir kuku.
Saat melakukan perawat kuku, jangan lupa untuk merawat bagian kutikula dengan memberikannya pelembap. Tapi ingat, jangan  berlebihan atau bahkan mengupas kutitula karena bisa merusak dan membuat kuku terkena infeksi.
Pada saat membersihkan bagian dalam kuku berhati-hatilah karena banyak risiko infeksi yang bisa terjadi, apalagi saat membersihkannya dengan memakai alat yang berbentuk panjang dan runcing. Infeksi dapat terjadi bila jamur atau bakteri masuk saat timbul celah antara kuku dan bantalan kuku.

3. Bahaya menggunakan pengamplas kuku dan aseton terlalu sering

Terkadang mengamplas kuku bisa memudahkan kita dalam membentuk kuku dan membuatnya lebih cantik. Tapi ingat,  kuku akan rusak seperti retak kecil hingga retak permanen jika menggunakan pengamplas kuku terlalu sering. Selain itu memakai aseton untuk membersihkan kuku juga bisa merusak kuku. Aseton biasa dijumpai dalam cairan penghapus kuteks. Sebuah penelitian membuktikan bahwa kuku yang rapuh jika dibersihkan menggunakan aseton akan membuat kuku bertambah rapuh.

4. Lakukan perawatan secara natural

Untuk mendapatkan kuku cantik, akan lebih bagus menggunakan cara cara tradisional dengan bahan-bahan alami. Seperti dengan merendam kuku dengan minyak zaitun atau olive oil yang hangat selama 15 atau 20 menit. Olive oil terbukti juga bisa membuat kuku lebih halus.
Lakukan pemijatan kuku dengan menggunakan kapas yang dicelupkan ke dalam jeruk lemon. Setelah selesai, cuci kuku hingga bersih. Tidak hanya bisa membuat kuku berkilau dan kuat, tetapi juga lemon bisa menghilangkan noda pada kuku. Caranya dengan mencampurkan perasan jeruk lemon dengan secangkir air. Lalu rendam kuku ke dalam campuran tersebut selama beberapa menit. Setelah selesai, cuci bersih kuku dan gunakan pelembap

5. Rawat kuku cantik dari dalam

Jika ingin mendapat kuku cantik dan sehat, Anda juga perlu menjaga asupan gizi serta mengonsumsi vitamin yang mengandung biotin. Biotin merupakan salah satu jenis vitamin B kompleks. Studi membuktikan bahwa biotin bisa membuat kuku menjadi lebih tebal, sehingga tidak mudah pecah dan patah. Konsumsi makanan yang mengandung biotin seperti susu, telur dan kacang-kacangan.

Sekali lagi, Kondisi kuku dapat menggambarkan kebersihan dan kesehatan seseorang. Rawatlah kuku dengan baik agar dapat tampak bersih dan cantik. Untuk mencegah infeksi atau kerusakan yang mungkin muncul, berhati hatilah dalam merawatnya.

Disclaimer : Silahkan berkomentar dibawah dengan bijak. Komentar dengan meletakkan link aktif atau keyword p*rn* akan dihapus
EmoticonEmoticon