RIAISY BIT | Fidget Spinner mainan anak anak yang lagi booming saat ini banyak yang dibuat dan dimodifikasi dengan berbagai bahan mulai dari logam, kertas plastik dan berbagai warna warni yang menawan. Terlepas adari kontroversinya permainan ini ternyata Google pun pernah punya perhatian dengan jenis permainan Fidget Spinner ini, beberapa bulan lalu Google menampilkan permainan Fidget spinner virtual di mesin pencariannya, namun seiring dengan waktu saat ini sudah tidak bisa tampil dan dimainkan lagi.

Lalu apa sih Fidget Spinner itu sebenarnya ?

 

Cara Membuat Fidget Spinner Dari Rantai Sepeda Motor

 

Fidget Spinner adalah mainan yang terbuat dari bantalan (bearing) yang mempunyai poros putar dan bersayap 2-3 dan terbuat dari logam atau plastik yang dirancang untuk berputar di porosnya pada awalnya. Cara memainkannya dengan cara memutar mirip dengan mainan kincir namun ada perbedannya kincir berputar karena hembusan angin, namun Fidget Spinner sengaja diputar putar oleh tangan. Seseorang memegang bantalan tengah saat mainan berputar. dan terus diputar putar. Bahannya bisa terbuat dari kuningan, stainless steel, titanium, tembaga, aluminium, dan plastik. Sedangkan bantalan poros umumnya keramik, logam (stainless steel atau krom), dan ada pula hibrida - seperti bola keramik dengan balapan dan sangkar stainless. Setiap Fidget Spinner juga memiliki dua atau lebih bobot di bagian luar yang membuatnya berputar lebih cepat dan tetap seimbang. Bearing dapat bervariasi untuk menyesuaikan waktu putaran, getaran, dan noise desain, yang menyebabkan umpan balik sensorik yang unik. .Fidget Spinner menjadi mainan populer pada tahun ini, 2017, meskipun alat serupa telah ditemukan pada tahun 1993. Mainan menjadi populer di kalangan anak-anak sekolah. Beberapa sekolah melarang Fidget Spinner untuk dimainkan, sementara sekolah lain membiarkan mainan itu digunakan secara diam-diam.

Mainan tersebut telah diiklankan untuk membantu orang-orang yang memiliki masalah dengan gagal fokus atau masalah kegelisahan untuk mengurangi energi gugup/ggap atau tekanan psikologis. Ternyata dibulan Mei 2017, tidak ada bukti ilmiah bahwa alat ini efektif sebagai pengobatan untuk autisme atau ADHD.

Tidak hanya kontroversi manfaat permainan Fidget Spinner saja tetapi kontoversinya juga pada siapa yang punya hak paten permainan ini. Catherine Hettinger, seorang insinyur kimia, awalnya dikabarkankan oleh beberapa berita bahwa dialah penemu Fidget Spinner. Hettinger mengajukan permohonan paten untuk "mainan berputar ini " pada tahun 1993 dan sebuah paten diterbitkan, namun di tahun 2005 Hettinger gagal mendapatkan hak paten karena  tidak dapat menemukan mitra komersial. Bahkan sebuah artikel Bloomberg News di bulan Mei 2017 lalu memberitakan bahwa Hettinger bukanlah penemu Fidget Spinner, dan Hettingerpun meng iyakan.
Terlepas dari itu semua, saat ini Fidget spinner telah mendunia dan Anda bisa memodifikasinya sendiri. Kali ini Riaisy Bit akan memberikan tutorialnya cara membuat Fidget Spinner dari Rantai Sepeda Motor, simak berikut ini :

Bahan bahan :

Cara Membuat Fidget Spinner Dari Rantai Sepeda Motor
  • 1 Bantalan kecil (bisa bantalan apa saja)
  • 1 buah mur
  • 1 buah baut
  • 1 buah ikatan kabel plastik nilon 
  • 8 mata rantai sepeda motor (jangan dibuka)
 cara membuat :
1. rangkai rantai dan masukkan kabel nilon ditengah tengah dan ikat :

Cara Membuat Fidget Spinner Dari Rantai Sepeda Motor

 2. Ikat mata rantai :

Cara Membuat Fidget Spinner Dari Rantai Sepeda Motor

 3. Masukkan bearing ditengahnya

Cara Membuat Fidget Spinner Dari Rantai Sepeda Motor

4. Pasang mur bautnya :

Cara Membuat Fidget Spinner Dari Rantai Sepeda Motor

5. Siap di mainkan :
Cara Membuat Fidget Spinner Dari Rantai Sepeda Motor
Demikian seilahkan dibuat sendiri Cara Membuat Fidget Spinner Dari Rantai Sepeda Motor

 BACA JUGA : Cara Membuat Squishy Slime Dari Bahan Rahasia

Disclaimer : Silahkan berkomentar dibawah dengan bijak. Komentar dengan meletakkan link aktif atau keyword p*rn* akan dihapus
EmoticonEmoticon